Thursday, June 20, 2019

Cara Memperbaiki Magic Com yang cepat Basi, Berair, Kuning dan Bau.


Sering Kali pengguna Magic Com atau sering disebut juga rice cooker, mejikom, atau mejijer mengalami keluhan yaitu nasinya cepat basi, bau dan benyek atau berair. Hal ini tentu akan sangat mengganggu. Karena nasi di dalam magic jar tisak bertahan lama. Biasanya masak nasi pagi lalu sore sudah basi, tentu akan sangat sayang sekali nasinya harus dibuang atau dibuat makan ayam. Sebenarnya banyak sekali merk Magic com yang beredar dipasaran, seperti merk philips, yong ma, miyako dll, namun cara kerjanya tetaplah sama. Oleh karena itu kali ini admin akan memberikan tips cara memperbaiki Magic Com yang cepat Basi, berair, kuning dan bau.
cara memperbaiki Magic Com yang cepat Basi, berair, kuning dan bau.


Hal yang harus anda tahu terlebih dahulu adalah prinsip kerja Magis Com ini, karena jika anda tidak paham maka akan sedikit kesulitan. Mejikom itu memakai sistem pemanas atau elemen pemanas / heater. Pada perangkat mejikom ini menggunakan 3 jenis pemanas sekaligus yang memiliki fungsi sendiri sendiri. Letaknya berada pada bagian bawah untuk penyangga panci magic com, pada samping panci yang memutar panci mejikom, dan yang terakhir terletak pada tutup mejikom. Nah jika salah satu dari ketiga elemen tersebut mati atau rusak, maka nasi yang ada pada magic com akan bermasalah, masalahnya biasanya nasi cepat basi dan berair, bahkan parahnya nasi tidak bisa hangat.


Cara Memperbaiki Magic Com Cepat Basi, Berair dan Bau


Cara memperbaiki mejikom cepat bau dan basi sebenarnya sangat mudah dan murah. Anda bisa memperbaiki sendiri dirumah dengan biaya yang tidak mahal. Caranya adalah silahkan anda cek bagian pemanas di samping dan di bagian tutup mejikom. Caranya silahkan colokkan mejikom ke listrik lalu ambil panci mejikomnya, pastikan saklar pada posisi warm atau menghangatkan, lalu silahkan anda sentuh elemen pemanas pada samping dalam mejikom dan bagian elemen pemanas yang ada di tutup mejikom. Jika kedua elemen tersebut atau salah satu tidak panas maka itulah yang bermasalah, silahkan anda ganti, spare part bisa anda temukan dengan mudah di toko elektronik/listrik terdekat.
cara memperbaiki Magic Com yang cepat Basi, berair, kuning dan bau.
elemen samping

Mengapa Elemen pemanas pada tutup mejikom rusak bisa mengakibatkan nasi cepat bau, basi dan berair? Karena air yang dihasilkan dari proses pemasakan dan penghangatan tidak bisa keluar dengan sempurna. Oleh karena itu jika mejikom anda rusak cepat basi dan berair, jangan buru buru menggantinya dengan yang baru, silahkan servis sendiri terlebih dahulu, biayanya lebih murah, jadi lebih hemat uang.
cara memperbaiki Magic Com yang cepat Basi, berair, kuning dan bau.
elemen tutup

Bagaimana jika bagian elemen tutup dan elemen samping masih hangat dan masih berfungsi secara normal namun nasi tetap cepat basi dan bau?. Hal ini disebabkan karena kerusakan pada termostat. Apa itu termostat? Termostat adalah alat yang berguna sebagai pemutus panas saat panas berlebih dan sebagai penstabil panas agar panas dalam mejikom pas untuk nasi, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. 
Demikian semoga bermanfaat
x

No comments:
Write komentar