Tuesday, July 16, 2019

Siaran Digital DVB T2, Artinya Apa sih?

Pernahkah anda mendengar tentang siaran tv digital? baru baru ini banyak iklan tentang siaran tv digital. Lalu apa sih siaran tv digital itu? Apakah menggunakan parabola? Atau siaran TV berbayar? Simak ulasan kami berikut ini. 

Siaran Digital DVBT2 Itu Apa?


Apa itu tv digital? Tv digital bukanlah tvnya yang digital, namun siaranya yang digital. Membahas soal penyiaran, berarti kita akan membahas soal sumber siaran, frekuensi, alat transmisi dan alat penerimanya. Jadi penyiaranya menggunakan teknologi digital, kalo tvnya sih sama aja. Yang tadinya TV dipancarkan secara analog, kali ini dipancarkan secara digital. Apa keunggulanya? Siaran digital memungkinkan untuk memperbaiki kualitas gambar dan suara. Penyiaran digital juga memungkinkan menggunakan rasio gambar 16:9, jadi kalau teman teman menggunakan tv layar lebar tidak gepeng lagi gambarnya, jika ada petir pun gambar tidak terpengaruh dan masih bagus. 

dvbt2

Penggunaan teknologi digital memungkinkan penghematan spektrum frekuensi radio, karena spektrum yang digunakan siaran digital jauh lebih sedikit. Kalau biasanya siaran analog menggunakan pita frekuensi sebesar 8Mhz untuk satu kanal transmisi, teknologi digital dengan teknologi multiplex bisa memancarkan 8 kanal program sekaligus, dengan program yang berbeda dengan besaran pita frekuensi yang sama. Jika program atau siaran diibaratkan orang, lebar pita frekuensi radio diibaratkan jalan, dan kendaraan itu adalah kanal, maka siaran analog adalah seperti orang yang bepergian dengan menggunakan kendaraan pribadi. Misalkan ada 10 orang mau bepergian dari tempat satu ke tempat lainya, dan tiap orang naik mobil pribadi, jalanya jadi padat kan?. Nah kalo dengan teknologi siaran digital, kesepuluh orang itu bepergian dari satu tempat ke tempat lainya menggunakan angkot yang sama, jadi jalanya tidak padat dan bisa dilalui banyak kendaraan dan banyak orang. Maka dari itu, penyiaran dengan teknologi digital membuat spektrum frekuensi radio lebih efisien. Layanan interaktif, gambar dan suara jauh lebih jernih dibandingkan tv analog, jadi tidak ada semutnya. Selain itu juga siaran digital lebih banyak program dan konten acara. 

Menangkap Siaran Digital DVB T2 Dengan TV Tabung


Lalu bagaimana cara mendapatkan siaran tv digital tersebut? Siaran dengan format digital dipancarkan dengan perangkat yang bisa membawa format digital, baik berupa kabel, satelit maupun tower transmisi, kemudian diterima di TV Flat jaman sekarang yang sudah bisa menerima siaran tv digital, seperti TV 32 inch LG 32LK500bpta dan lain sebagainya. Sebagai catatan bahwa tidak semua tv flat sekarang sudah bisa menerima siaran tv digital lho yah, silahkan anda lihat dulu fiturnya masing masing seri, sudah ada tulisan support dvbt2 atau belum. Lalu bagaimana jika anda masih menggunakan tv tabung atau tv LED yang belum support siaran tv digital? Solusinya adalah memakai set top box. Fungsi dari set top box adalah mengolah sinyal digital yang diterima, menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan pada tv analog. 

tv digital

Jadi sistem penyiaran tv digital, bukan hanya mampu menyalurkan data gambar dan suara, namun juga memiliki kemampuan multifungsi dan multimedia seperti layanan informatif dan bahkan layanan penyiaran dini bencana. Bagaimana? Sudah tau kan perbedaan siaran tv digital dan analog serta manfaatnya? Semoga anda semua tercerahkan, terimakasih dan sampai jumpa

No comments:
Write komentar