Saturday, May 16, 2020

Harus Tau, Inilah Cara Pakai Freezer Box yang Benar


Ada beberapa kesalahan yang mungkin umum bagi sebagian orang tentang penggunaan freezer box, dalam benak masyarakat awam, freezer box itu identik dengan tempat untuk menyimpan daging, es krim, frozen food dll, itu tidak salah, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan freezer box ini.

  1. freezer box tidak untuk membuat es batu.
Ini adalah kesalahan umum yang sering dilakukan pengguna freezer box, yaitu membuat es batu di freezer box. Ya memang bisa jadi sih, namun akan memakan waktu yang lebih lama dibanding menggunakan freezer standing atau freezer berdiri yang khusus untuk pembuatan es batu. Secara fungsi aslinya, freezer box itu digunakan untuk mempertahankan benda yang semula sudah dingin agar awet dinginya, bagian bagianya tidak didesain untuk membekukan suatu benda dari suhu ruangan ke suhu beku. Jadi intinya, jika ingin membuat es batu, buatlah menggunakan freezer khusus untuk es batu, namun jika ingin mempertahankan es batu agar tetap mengeras, silahkan masukkan es batu yang sudah jadi kedalam freezer box.

  1. mengisi freezer box terlalu penuh
kesalahan yang sering dilakukan lainya adalah mengisi freezer box dengan daging dan lainya yang bersuhu ruangan , langsung dimasukkan ke freezer box secara penuh. Sudah dapat dipastikan bahwa jika anda melakukan hal itu setiap hari dan berulang kali, maka freezer box anda tidak akan berumur panjang. Dan daging yang anda masukkan kedalam freezer box tidak semuanya akan membeku dan ada beberapa bagian yang akan membusuk. Langkah yang benar adalah, hidupkan freezer dan tunggu sampai suhu didalam dingin maksimal, biasanya -24 derajad, , lalu masukkan daging sepertiga dari kapasitas freezer, , jika ingin menambahkan daging lagi, silahkan anda masukkan 3jam lagi agar daging yang sebelumnya sudah masuk sudah membeku.

  1. mengambil daging beku atau es krim dengan mencongkel. Dengan benda tajam
Hal ini adalah sebuah kesalahan fatal jika anda mengambil benda yang membeku dengan mencongkel menggunakan benda tajam, karena jika terkena pipa saluran freon dan bocor, maka biaya servisnya sangat besar, , beda dengan kulkas yang jika bocor bisa langsung ditambal dan diisi freon lagi, , kalo freezer box harus bongkar banyak hal, dan itu yang bikin mahal.

  1. menggunakan freezer box dengan dual kompressor
ini adalah pendapat dan pengalaman saya pribadi, menggunakan freezer box kapasitas besar yang ber mesin ganda adalah sebuah kesalahan, , karena kebanyakan trouble, analisa saya, karena menggunakan mesin ganda maka kedua mesin harus hidup dan bekerja dengan baik, jika salah satunya tumbang maka keduanya juga ikut tumbang, tips dari saya jika membutuhkan penyimpanan yang besar, misalnya 1000 liter, anda bisa menggunakan 2 unit 500 liter daripada menggunakan 1000 liter bermesin ganda.

  1. gunakan stabilizer listrik
karena freezer box adalah elektronik yang hidup 24jam x 7, sebaiknya gunakan stabilizer listrik, karena terus terang listrik di indonesia ini kebanyakan naik turun voltasenya, dan ada beberapa elektronik yang tidak tahan dengan naik turunya voltase tersebut sehingga lebih cepat rusak.

Okey itu saja, semoga bermanfaat dan sampai jumpa

No comments:
Write komentar